Beranda > Matakuliah > PENCITRAAN KORELASI DAN KONVOLUSI PADA MATLAB

PENCITRAAN KORELASI DAN KONVOLUSI PADA MATLAB

Nah, yang sudah saya janjikan pada postingan saya terdahulu yaitu tentang FILTER GAMBAR secara Numerik, saya akan mempostingkan Pencitraan Konvolusi dan Korelasi Pada Matlab . Namun sebelum masuk ke pembahasan program tentang Konvolusi dan Korelasi kita harus tahu dulu dong apa sih Konvolusi dan Korelasi ini ?? berikut penjelasnnya :

  • Konvolusi adalah salah satu proses filtering image yang sering dilakukan pada proses pengolahan gambar. Pada MATLAB terdapat banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk melakukan proses konvolusi. Proses konvolusi dilakukan dengan menggunakan matriks yang biasa disebut mask yaitu matriks yang berjalan sepanjang proses dan digunakan untuk menghitung nilai representasi lokal dari beberapa piksel pada image.
  • Korelasi adalah Dalam teori probabilitas dan statistika, korelasi, juga disebut koefisien korelasi, adalah nilai yang menunjukkan kekuatan dan arah hubungan linier antara dua peubah acak.

Dalamย  pembuatan Konvolusi dan Korelasi pada matlab sebetulnya sudah banyak referensi-referensi yang beredar untuk hal semacam ini,ย  ketika saya cari di mbah google dengan kata kunci “konvolusi image” itu hasilnya banyak sekali referensi-referensi yang saya temukan namun ketika pada korelasi saya mencari sumber tuh susah yaa paling juga dari website http://www.mathworks.com.:)

nah, sekarang kita masuk saja ke pembahasan intinya dengan pembuatan Konvolusi dulu yah STEP Konvolusi pada MATLAB : ๐Ÿ™‚

  1. yang jelas buka dulu aplikasi MATLABnya ๐Ÿ™‚
  2. lalu pilih file>>new>>m-file
  3. masukan perintah dibawah ini (saya berikan pakai gambar yah biar kalian ngetik dan dimengerti) hehe:)
  4. Nah, tinggal SAVE/CTRL+S deh,
  5. Yang perlu kalian ingat sebelum pijit F5. Pada gambar diatas saya garis bawahi dengan warna merah, itu menunjukan gambarnya iya kan ? itu artinya masukan/simpan gambar kalian yang pengen di konvolusi di direktori si file(.m) pada gambar atas (yang kalian save barusan disimpen dimana sih, nah disitu kalian simpen si gambarnya):D
  6. dan terakhir pijit deh F5.
  7. jeng….jeng…apa yang terjadi ???

kalau program yang saya buat hasil gambar sebelum dan sesudahnya menjadi seperti ini :

BEFORE

AFTER

Nah, seperti itu penggunaan Konvolusi pada MATLAB. terlihat jelas perbedaannya ya kan ? itu hasil proses dari konvolusi. lalu pertanyaannya bagaimana proses semua itu terjadi ? bagaimana perhitungan manualnya ? Nah disini saya akan membahas juga perhitungan dengan menggunakan korelasi tersebut. Saya mengambil sample dari matriks yang belum di konvolusi dan yang sudah di konvolusi. berikut penampakannya ๐Ÿ™‚

CITRA ASLI

CITRA SETELAH DI KONVOLUSI

Bagaimana bisa di dapatkan hasil seperti itu ? mari kita buktikan dengan konsep konvolusi ๐Ÿ˜€

  1. matrix yang kita ambil 5×5 (sample) pada citra asli.
  2. nilai matrixnya . yang dimana hasil setelah di konvolusi menjadi
  3. gunakan rumus f(x)*g(x).
  4. dengan menggunakan formula pada microsoft excel lebih mudah dalam pengerjaannya, jadi bagi yang ingin melihat formulanya untuk proses konvolusi dapat anda donlot disini

KORELASI

Selanjutnya pada Korelasi lakukan step yang sama seperti sebelumnya, namun sebelumya saya akan membahas dulu konsep dari Korelasi ini. Rumus dari Korelasi ini seperti berikut

Nah dari rumus di atas, saya ambil sample citra yang mudah dan juga penyelesaiannya agar bisa di pahami dalam konsep Korelasi ini. dan di akhir saya akan membuktikan dengan menggunakan program MATLAB supaya terlihat jelas bahwa hasil perhitungannya pun tidak salah. berikut penampakannya :

Nah lalu apa hasil dengan menggunakan MATLAB akan sama hasilnya dengan perhitungan diatas ? mari kita buktikan ๐Ÿ˜€

Cocok kan ? nah sekian pembahasan dari Pencitraan Konvolusi dan Korelasi Pada MATLAB ini,di lain waktu saya akan membagikan ilmu ilmu yang saya dapatkan dalam mata kuliah PENGOLAHAN CITRA. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ๐Ÿ™‚

-SENANGNYA BERBAGI-

Iklan
  1. Oktober 29, 2012 pukul 10:27 am

    gan g punya jurnal lengkapnya? saya minta dunk sbanyak- banyaknya buat tugas nih, makasih

    • Desember 16, 2012 pukul 10:28 pm

      ga ada mas soalnya, itu materi dan tugas sewaktu kuliah aja ehehe ๐Ÿ™‚
      senang berbagi

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: